Tentang kami

Jangan membayangkan berdikariweb sebagai perusahaan besar. Kami hanya anak-anak muda marhaen–meminjam istilah Bung Karno untuk menyebut orang yang berdikari dalam bidang ekonomi dengan jalan yang kecil-kecil saja. Istilah populernya, sekarang, adalah Starup alias usaha rintisan.

Semua bermula dari menulis. Kira-kira sekitar tujuh tahun yang lalu, kami intens bersentuhan dengan dunia jurnalistik–seperti jamaknya mahasiswa yang belajar ilmu komunikasi. Kami bekerja di media massa cetak, dan kemudian di media massaa online.

Ternyata, cara kerja media online tidak sederhana. Media online adalah penggabungan antara ilmu jurnalistik dengan ‘ilmu internet’. Kami selalu terkendala urusan teknis pengembangan website, sebagai wadah karya jurnalistik yang sudah dibuat.

Kami, yang memang sama-sama hobi ngeblog, akhirnya belajar secara serius mengenai pembuatan website dan pengembangannya. Dunia baru ini ternyata membawa keasyikan tersendiri bagi kami, sehingga kami memutuskan keluar dari pekerjaan.

Pada 2013, kami menerima tawaran untuk mengonsep dan menjalankan kampanye politik berbasis internet. Kami mengawal situs laskarjokowi.com: yang pada akhirnya menjadi situs kampanye calon presiden paling komprehensif.

Pengalaman satu tahun mengembangkan situs kampanye presiden membuat kami tertarik untuk mengadakan Sukarno.org: situs nonprofit yang fokus melakukan literasi mengenai Presiden Sukarno.

Di sisi lain, rupanya, kami tidak bisa lepas dari lapangan jurnalistik. Akhirnya, kami pun mulai mengembangkan Klikbekasi.co untuk mencari ‘formula’ bagaimana sebaiknya mengelola media online lokal skala kota.

Pengalaman-pengalaman itu membuat kami semakin akrab dengan dunia internet, sehingga banyak teman-teman dekat meminta kami untuk membuatkan website untuk mereka. Tak terasa, sampai sekarang, ada puluhan website dari berbagai bidang yang kami rawat dengan telaten.

Kami menyadari, banyak website-website yang kami buat itu berkaitan dengan usaha orang lain. Sehingga, kami juga harus profesional–tidak bisa mengerjakannya sambil lalu. Itulah yang mendorong kami untuk membuka layanan berdikariweb.

Founder berdikaRIweb,

Ivan Faisal dan Respati Wasesa